Proses Perencanaan Sistem e-Business
Proses perencanaan sistem e-bisnis, sebelum membangun sistem ebisnis terlebih dahulu perhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu : Mendaya gunakan komputer personal, jaringan komputer dan internet seoptimal mungkin. Membangun halaman web untuk membangung jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel. Membangun SI e-Bisnis yang efektif Mengembangkan SI yang bersifat inter platform.Setelah semua terpenuhi di atas barulah kita melangkah dalam tahap pembangunan system e-bisnis. Rencana kapasitas infrastruktur e-Bisnis disesuaikan dengan rencana pengembangan lanjut sistem e-Bisnis :
Aspek kapasitas bisnis seperti :
Analisis aspek konsumen: Membuat model perilaku: CBMG Memperkirakan/merancang perubahan-perubahan pada CBMG
Aspek inspraktuktur :
Prakiraan beban kerja :
Perencanaan kapasitas infrastruktur e-Bisnis Membuat rencana modifikasi/upgrading komponen-komponen infrastruktur secara bertahap Pengambilan keputusan teknis infrastruktur: Menggunakan Model Kinerja sistem untuk mempertimbangkan keputusan: Scaling Up Penggantian dengan mesin berkapasitas lebih besar Scaling Out Penambahan mesin dengan kapasitas yang sama (mirroring, replikasi, mesin paralel, dsb.)
Ada
beberapia tolak-ukur yang dijadikan dasar apakah pengembangan system informsai e-business berhasil, yakni :
a.
Kemampuan sistem membuat efisiensi biaya,
kemampuan system untuk melakukan segala aktivitas menggunkan media elektronik
sehingga meminamalkan pengeluaran yang biasa dilakukan dalan bisnis secara
tradisional.
b.
Kemampuan sistem meningkatkan layanan pada pelanggan, kemampuan system untuk
memaintaince segala permintaan pelangggan secara elektronik dimana pelangganlah
melakukan pesanan melalui mekanisme pemesan secara elektronik.
c..
Kemampuan sistem menjangkau pelanggan, kemampuan system untuk menjangkau pelangggan tidak hanya
pelangga local, dalam negeri tetapi juga
pelanggan secara global.
d.
Kemampuan sistem untuk memberikan layanan cepat pada pelanggan, kemampuan
system yang tidak terbatas oleh waktu, tempat dan keadaan sehingga memberikan
pelayanan 24 jam intensif dengan media internet.
e.
Kemampuan sistem untuk mengurangi komplain pelanggan, kemampuan system untuk
memberikan informasi secara detail mengenai suatu produk sehingga pelanggan
merasa puas dan tidak melakukan complain.
f.
Kemampuan sistem untuk menyediakan sistem pembayaran efektif, kemampuna system
untuk melukan pembayaran yang lebih efisien dengan menggunakan e-banking dengan
tujuan mempermudah transaksi.
g.
Kemampuan sistem untuk menciptakan identitas pelanggan (pelanggan selamanya),
Kemampuan system untuk mengenal identitas pelanggan dengan melakukan registrasi
dahulu sebelum melakun kegiatan transaksi sehingga perusahaan dapat memberikan
informasi perkembangan produk baru kepada pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar